Jumat, 05 November 2010

Usaha Catering

    BAB I
PENDAHULUAN

     Bisnis makanan memenag tidak ada matinya. Selain karena memang kebutuhan pokok, makanan juga terbilang banyak menguntungkan. menggeluti bisnis makanan memang gampang gampang susah, bisnis ini harus sangat mempertimbangkan cita rasa karena selera dari masing masing orang jelas berbeda beda satu sama lain. Apabila rasa sudah sesuai dengan selera konsumen, maka tidak jarang akan kebanjiran pelanggan. mereka akan suka dengan rasa yang di berikan. tapi terkadang ada  juga konsumen yang mencari selain dari selera makan yang pas, namun mereka juga mencari tempat yang sesuai.
     Bisnis catering akan lebih banyak mendatangkan untung apabila pemilik bisnis tersebut memiliki alat makan serta alat transportasi sendiri, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk biaya sewa alat alat tersebut.
     Bila kita bersaing dengan makanan yang enak serta bersih, maka usaha kita akan selalu di gunakan pelanggan setiap mereka memerlukannya.


BAB II
LANDASAN TEORI

Terdapat beberapa masalah yang dapat di ulas dari artikel ini, yaitu:
  • Bagaimana cara untuk memulai bisnis catering?
  • Apa saja kendala yang di hadapi dalam bisnis catering ini? 
  • Bagaimanakah solusi untuk menghadapinya?

BAB III
METOLOGI PENELITIAN
Penggunaan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara metode penelitan studi kepustakaan dengan mendapatkan sumber-sumber dari media elektronik dan internet pada segi waktu dan tempat yang berbeda .

BAB IV
PEMBAHASAN

     Anda mungkin mulai berpikir tentang sebuah usaha catering. Ada banyak peluang yang bisa di ambil sepetri pada event event besar seperti pesta pernikahan,ulang tahun, wisuda, khitanan. kadang kadang perusahaan besar juga membutuhkan catering untuk kegiatan khusus atau aktivitas lainnya.
     Tahap selanjutnya adalah hubungi pihak pihak berwenang untuk melihat persyaratan apa saja yang di butuhkan untuk memulai usaha catering ini. Anda juga perlu memikirkan tempat yang pas untuk membuka usaha ini, apabila anda berniat untuk membuka catering untuk acara acara besar, anda bisa mencari dapur yang luas untuk anda sewa, tapi bila anda hanya bermaksud untuk mengembangkan usaha anda secara bertahap, anada bisa memulainya di rumah anda, ketika bisnis sudah semakin berkembang baru anda bisa memikirkan faktor lokasinya kembali.
     Anda juga harus memperhatikan jenis makanan apa yang mau anda tawarkan. untuk hal ini sebaiknya anda memiliki menu unggulan atau paling tidak makanan yang unik untuk menarik pelanggan agar bisa memperlancar usaha anda. mungkin anda perlu mengikuti kelas memasak untuk membantu anda agar lebihmahir lagi dan dapat menguasai beberapa teknik hidangan unik. hal ini dapat membantu rasa percay adiri anda. dan pelanggan pun akan lebih nyaman dan percay terhadap masakan anda.
      Anda pasti akan memerlukan peralatan seperti piring saji, gelas,serbet, dan banyak item lagi yang lain. anda juga mememrluan fasilitas atau alat transportasi untuk mengangkut semua perangkat perlengkapan tersebut ke lokasi acara tentunya.
     Pengusaha Catering ini juga memerlukan pegawai, hal yang dapat dilakukan sendiri adalah menyediakan tempat dan transportasi serta mencari pelanggan, mengecek setiap peralatan. selebihnya serahkanlah kepada pegawai pegawai yang di perkerjakan.
     Iklan merupakan cara yang terbaik untuk memperluan lunk atau jaringan untuk usaha anda ini. bila pelayanan anda baik maka pelanggan pun akan merasa puas dan mereka akan setia bahkan bisa mempromosikan usaha kepada kerabat kerabatnya yang lain. Radio, internet dan televisipun dapat dengan cepat membangun bisnis anda tapi agak mahal untuk melakukuannya.
    Yang terakhir adalah anda harus memperhatikan bahkan harus memastikan kualitas masakan anda apakah baik untuk orang dan standart kelayakannya pun di samakan dengan masakan masakan yang lain.cita rasa yang lezat pun akan membuat anda akan lebih banyak mendapatkan keuntungan dari usaha ini.

     Ada beberapa kendala yang  di dihadapi oleh usaha  catering ini antara lain:
  1. Pesaing yang menggeluti Usaha ini cukup banyak, sehingga persaingannya pun menjadi sangat ketat.
  2. Pemilihan menu masakan yang tidak pernah berubah, hal ini dapat membuat pelanggan merasa bosan dengan menunya.
  3. Cita rasa masakan yang tidak sesuai dengan lidah pelanggan
  4. Pelayanan yang kurang memuaskan, seperti dari segi kebersihan, pengolahan makanan, penangantaran makanan ke tempat pemesan
  5. Kurangnya penguasaan teknologi dari pebisnis ini.
  6. Izin, inspeksi, lisensi dan asuransi yang belum di miliki, hal ini memerlukan biaya yang banyak.
  7. Penipuan dan kecurangan yang dilakukan oleh pihak ketiga yang merasa tidak suka dengan usaha kita.
     Solusi yang dapat di lakukan adalah melakukan inovasi dalam mengganti menu makanan, beri nama paket makanan yang namanya unik dan mudah di ingat, harganya juga yang sesuai. Sekarang sudah masanya semua menggunakan internet sebagai alat komunikasi, untuk lebih membangun usaha anda ke arah yang lebih baik lagi, sebaiknya anda menggunakan ainternet sebagai media untuk memperluas pasar anda. buat iklan atau bahkan pemesanan secara online untuk bisa bertahan  bersaing dengan pesaing yang lain.
Berikanlah pelayanan yang istimewa untuk para pelanggan agar mereka meras puas dengan pelayanan yang kita berikan.
     Bila ada pihak yang tidak senang dengan usaha kita, dan memfitnah kita, dan kita merasa kalu kita tidak salah kita bisa melakukan sesuatu untuk membuktikan kalau kita benar, kita bisa membawa makanan kita untuk di uji di laboraturium setelah itu baru di selesaikan secara kekeluargaan , bila tidak bisa juga melalui cara kekeluargaan maka kita bisa melaporkan ke pihak yang berwenang itu fungsinya kita tadi mempunyai lisensi tadi, kita bisa membawa bukti bukti untuk segera di tindak lanjuti.



   
BAB V
KESIMPULAN

      Kesimpulan yang dapat saya berikan adalah cita rasa sangat memegang peranan penting dalam usaha ini. Faktor kebersihan peralatan dan hasil masakan juga menjadi penilaian tersendiri bagi orang yang  mengkonsumsi catering kita, sehingga kebersihan harus selalu diperhatikan. kita dapat melakukan promosi lewat berbagai cara seperti media massa dan internet alternatif tambahan lainnya yakni dengan memberi kartu nama pada kardus agar pelanggan yang memakan bila mengenal nama catering kita.
      Betapapun kecilnya usaha catering yang dilakukan, bisnis tersebut harus di jalani dengan serius. Artinya bisnis tersebut harus di tempatkan sebagai usaha yang bukan main main dan tanganilah dengan cara yang profesional.
     Jangan merasa takut untuk mencoba, untuk menunjang kesuksesan bisnis catering anda harus tetap menjaga keharmonisan dengan pelanggan, kebersihan tempat, alat alat dan makanan.

Sumber:
www.kompas.com
www.ictwomen.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar